8 Okt 2011

Cara Belajar Bahasa Pemrograman

,
 

Pemrograman adalah keterampilan yang sangat kompleks yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasai. Artikel ini akan mulai Anda di jalan Anda menuju penguasaan dengan menjelaskan pilihan yang Anda harus lalukan sebagai programmer awal dan membimbing Anda menjadi Programer sesungguhnya...
  1. Putuskan apa yang ingin Anda lakukan. .Jika Anda hanya berpikir pemrograman akan keren untuk belajar dan tidak memiliki aplikasi spesifik dalam pikiran, tidak apa-apa, tetapi berpikir tentang apa yang Anda ingin program akan membantu Anda membuat keputusan selama pengalaman belajar Anda. Juga ingat bahwa pemrograman dapat menjadi pekerjaan yang frustasi jika Anda tidak sepenuh hati dan perhatian yang tepat atau membuat terlalu banyak kesalahan saat menulis kode.
  2. Pilih bahasa pemrograman. Pertama belajar bahasa BASIC. contohnya C/ C++ untuk memahami bagaimana sebenarnya program berjalan dan berinteraksi. C merupakan bahasa umum tujuan yang baik, dan mudah untuk dipelajari .Jangan mudah menyerah sampai Anda benar-benar memiliki pengalaman pemrograman basic ini.
  3. Cari sumber belajar. Cari di Web merupakan tempat yang baik untuk memulai bahasa yang disebutkan di atas, dan  untuk panduan resmi atau buku pedoman. Juga, bertanya kepada seseorang yang sudah tahu bagaimana program itu. Tutorial online yang bagus, tetapi itu bisa membuat frustasi  jika Anda tidak bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan tertentu. Kadang perpustakaan kampus Anda dan video youtube banyak membantu.
  4. Mulai dari hal yg kecil. Anda tidak bisa berharap untuk menulis sebuah buku setebal 700 halaman jika anda tidak memiliki pengalaman menulis praktis; pemrograman adalah cara yang sama. Mulailah dengan konstruksi dasar dan menulis program kecil (10 sampai 30 baris) untuk menguji pemahaman Anda tentang konsep-konsep. Pastikan  anda mnjalankan program bahasa tersebut jika telah benar² selesai dan benar.
  5. Dimasukkan ke dalam jadwal harian. Dibutuhkan banyak jam berlatih keterampilan pemecahan masalah pada berbagai jenis masalah sebelum Anda dapat menyebut diri Anda seorang programer.  Karena ini berguna untuk mengasah keterampilan Anda dan menjaga dalam praktek kerja Anda.Serta belajar membuat algoritma dan diagram alur.
  6. Terus melakukannya. Pemrograman dapat membuat Anda sangat frustasi, tapi berhasil menyelesaikan program bisa sangat memuaskan dan menyenangkan. Jangan menyerah jika Anda tidak memahami suatu konsep, pemrograman bisa menjadi hal yang sangat abstrak untuk belajar. Ketika bekerja pada suatu masalah yang rumit khususnya, istirahat periodik untuk membiarkan otak Anda rileks dan membuang masalah ke pikiran bawah sadar Anda. Buatlah jadwal yang baik untuk bekerja.
  7. Terus belajar. Mengetahui satu bahasa pemrograman yang baik, tapi mengetahui empat atau lima lebih baik. Terlepas dari apa bahasa yang paling sering Anda gunakan, memiliki pengetahuan orang lain untuk menarik akan membuat Anda seorang programmer yang lebih baik dan lebih mampu memahami konstruksi umum dan masalah secara abstrak. Jadi belajar beberapa bahasa pemrograman, terutama dua atau tiga dengan filosofi desain yang berbeda, seperti Lisp, Java, dan Perl. Tapi belajar masing-masing bahasa dengan benar.

2 komentar to “
Cara Belajar Bahasa Pemrograman

Posting Komentar


Jika Ada Pertanyaan Tinggalkan Pesan Disini
[close]
 

Technic Cyber Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates