11 Okt 2011

Tips agar daya baterai laptop tahan lama

,

Anda dapat membuat baterai laptop anda tahan lebih lama  dengan mematikan atau mengurangi semua hal yang menghabiskan listrik di komputer Anda. Jika Anda akan melakukan perjalanan panjang  atau hanya sedang mengerjakan tugas anda, gunakan tips ini untuk membantu daya baterai laptop Anda bertahan lebih lama.
  1. Matikan modem/wireless jika Anda tidak berencana untuk mengakses jaringan atau koneksi  Internet. Untuk laptop Mac, ada tombol untuk menyalakan dan mematikan perangkat nirkabel Anda ditemukan pada toolbar di atas.
  2. Kecilkan tingkat volume suara / mute, jika Anda tidak berencana untuk menggunakannya.
  3. Mengurangi tingkat kecerahan LCD. Jika Anda menggunakan laptop Anda di area yang terang atau di luar ruangan pada hari yang cerah, mencoba mengatur itu pada dua atau tiga bar.
  4. Nonaktifkan Bluetooth. Jika Anda tidak menggunakan perangkat ini, Anda dapat dengan aman menonaktifkannya.
  5. Belajarlah untuk single-tugas. PC memori yang di-gunakan membutuhkan daya lebih untuk menyimpan data. Juga, menggunakan memori lebih mungkin berarti menggunakan swap lagi atau ruang memori virtual pada hard drive laptop Anda. Semua ini bisa menguras daya pada baterai laptop Anda.  Lebih baik menggunakan hanya yang Anda butuhkan pada waktu tertentu. Jika laptop Anda memiliki banyak memori, kemudian menyimpan beberapa aplikasi yang terbuka untuk menghindari pembebanan berulang kali dari hard drive. Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang pada komputer Anda seperti perangkat lunak PDA sync atau USB drive perangkat lunak lainya.
  6. Menjalankan aplikasi sederhana yang tidak menggunakan banyak RAM, hard disk atau kekuatan pemrosesan. Perlu menulis surat? Gunakan editor teks/notepad daripada proses RAM yang berat menggunakan Microsoft Word. Aplikasi grafis berat seperti game atau menonton film yang sangat mengurangi daya pada baterai..
  7. Hindari suhu ekstrim. Baterai bergantung pada kimia dasar dan akan mati lebih cepat pada suhu ekstrim. Cobalah untuk mengisi dan menggunakan baterai pada suhu didalam ruangan.
  8. Gunakan pengaturan manajemen daya pada komputer Anda. Pada Windows XP, klik "Power Options" di control panel Anda. Pada Mac, mencari "Energy Saver" di System Preferences. 
  9. Cabut perangkat eksternal seperti mouse USB atau drive eksternal.
  10. Matikan laptop atau hibernate daripada menggunakan standby, jika Anda berencana tidak menggunakannya untuk sementara waktu. standby terus menguras energi untuk menjaga laptop
  11. Membersihkan kontak baterai Anda. Bersihkan kontak metal baterai dengan alkohol pada kain lembab. Bersihkan kontak tersebut bisa meningkatkan efisiensi energi .
  12. Selalu segarkan (charge) baterai anda. Baterai bocor kekuatan dayanya jika  tidak digunakan segera setelah pengisian. Jika Anda mengisi "penuh" baterai Anda dan menggunakan lagi 2 minggu setelah Anda terakhir mengisi, Anda mungkin menemukan daya baterai itu kosong .
  13. Defrag  hard drive Anda. Drive Anda lebih terfragmentasi keras.
  14. Hindari menggunakan CD atau DVD. Jika Anda menyimpan salinan data yang Anda butuhkan pada disk optik, salin ke hard drive laptop Anda atau thumb drive . Optical drive mengkonsumsi sejumlah besar kekuatan untuk memutarkan  CD dan DVD. Cobalah untuk menghindari aplikasi yang menjaga hard drive atau optical drive berputar. Perlu untuk memainkan musik? Cobalah untuk menggunakan pemutar MP3 Anda, daripada lagu yang diputar pada komputer Anda. Memainkan lagu-lagu pada komputer menggunakan banyak energi. Matikan fitur auto save pada MS Word atau Excel.
  15. Matikan port. Menonaktifkan port yang tidak terpakai dan komponen, seperti VGA, Ethernet, PCMCIA, USB, dan ya, nirkabel Anda, juga. Anda dapat melakukan ini melalui Device Manager atau dengan mengkonfigurasi profil hardisk yang terpisah.
  16. Gunakan cooling pada saat menggunakan  notebook di pangkuan Anda..
  17. Hindari menyangga laptop Anda pada bantal, selimut, atau permukaan lembut lainnya yang dapat memanas.   
semoga bermanfaat.. 

0 komentar to “
Tips agar daya baterai laptop tahan lama

Posting Komentar


Jika Ada Pertanyaan Tinggalkan Pesan Disini
[close]
 

Technic Cyber Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates